Saya Adalah

Saya adalah.. Betmen.
Yang nyamar jadi gembel.

Saya adalah.. Betmen, superhero yang digambarkan: tidak punya kekuatan super.
Yang nyamar jadi gembel, yang digambarkan: jangankan punya kekuatan super, kekuatan untuk bertahan hidup pun pas-pasan.

Abaikan.

Teman-teman, terimakasih sudah sempat tersesat sampai kesini. Terimakasih sudah banyak membuang waktu untuk sampai kesini. Frasa 'tersesat' dan 'membuang waktu' adalah ketidak-sengajaan dan kesengajaan yang harus dirayakan adanya. Pernahkah pergi sampai merasa tersesat ke tempat antah berantah dan membuang banyak waktu? lalu bisakah membandingkan lebih banyak mana antara pelajaran yang didapat atau penyesalan yang dimaki setelah itu? Jadi merasalah beruntung teman-teman bisa tersesat dan membuang-buang waktu disini. Selamat menikmati.

Sekedar info: tulisan di dalam blog ini tidak ditulis oleh robot. Saya yang menulis semuanya. Saya yang nyamar jadi gembel. Ijinkan saya melakukan perkenalan: nama saya Wisnu Putra Danarto. Dari kecil sampai tumbuh besar, serta menjumpai bermacam-macam keajaiban yang menakjubkan (orang-orang menamainya hidup) di Jogjakarta. Saya menikmatinya.

Selain menikmati hidup, saya juga menjalaninya. Misalnya masih ikut di komunitas mapala Mahameru (entah masih dianggap atau tidak). Masih sering menghabiskan waktu pagi dengan lari-lari gila, waktu siang dengan ikut kuliah, waktu sore dengan bersepeda atau berdiskusi apa saja dengan beberapa teman, dan waktu malam untuk menyelesaikan kerjaan yang tidak selesai-selesai. Tapi itu hanya salah satu contoh hidup saya sehari, jangan dibayangkan itu sebagai sebuah rutinitas.. bisa gila saya kalau setiap hari hidup saya gitu-gitu aja.

Saya masih berstatus mahasiswa semester 7 di Pendidikan Geografi UNY. Yang lebih sering sendirian di perpus daripada dikelas, lebih sering nongkrong diangkringan daripada dikantin kampus, lebih sering kumpul di parkiran Fakultas daripada kumpul kelompok tugas, lebih sering titip absen daripada absen sendiri, lebih sering baca atau nulis soal Sejarah atau lain-lain daripada soal Geografi, lebih sering buka forum dan web galeri desain daripada forum diskusi Geografi di facebook, lebih sering begadang karena kerjaan ndesain atau membuat tulisan daripada karena mengerjakan makalah tugas salah satu mata kuliah.

Tapi saya tidak salah jurusan. Hanya orang-orang yang salah menganggapnya.. halah

Salah satu alasan kenapa saya ada di jurusan Pendidikan Geografi adalah: selalu punya alasan yang terlihat lebih umum untuk nggembel atau pergi kemana saja. Karena sama seperti ilmu-ilmu lainnya, pelajaran yang paling nyata sedang berlangsung di jalanan, dipasar, dihutan, dan dimana saja, bukan didalam kelas.

Kata orang, hidup adalah perjalanan. Iya, saya lebih suka melakukan perjalanan daripada mengerjakan sesuatu di satu tempat yang sama. Banyak yang bisa dinikmati disetiap ayunan langkahnya. Menjejak kehidupan.

Intinya saya suka nggembel, pergi kemana saja, dan menjadi tidak dikenali oleh orang-orang baru yang saya jumpai di suatu tempat.

Jadi.. maukah kamu jadi teman berjalan-ku? menikmati keajaiban-keajaiban yang menakjubkan diantara jarak kaki kanan dan kiri yang melangkah. Melangkahi kehidupan, bersama?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar