28 Januari 2014

Postingan Pertama Di 2014 dan Cerita Soal Pendaftaran KKN-PPL


Libur dari rutinitas sehari-hari membuat hidup rasanya gini-gini aja.. mulai dari malam begadang, tidur jam 01.00 sampe jam 02.30 an-bangun jam 10.00 an-lanjut jogging kalo mau (baru sekali sih, itupun nggak jadi karena pas pengen kebetulan ujan)-terus makan-buka laptop nggak jelas ngerjain apa sampe sore-tidur-setelah Magrib ke angkringan-jam 21.00an balik-buka laptop sampe jam 01.00an-begadang lagi.. gitu terus sampe fly-over Jombor jadi.

Asumsi saya, hal ini disebabkan oleh dua hal yang saling berkaitan secara komprehensif (bukan kompresor). Yaitu:
1.  demisioner, dilengserkan dari kabid Media dan Jaringan HMPG, pengaruhnya sekitar 60%
2. sama libur semesteran mau ke semester 6 (iya, semester 6), pengaruhnya 98%

Ketiadaan kesibukan membuat saya merasa benar-benar jadi pengangguran sepenuhnya (soalnya biasanya nggak pernah nyadar diri). Dari yang biasanya kuliah sampe sore, terus di Hima sampe malem, jam 21.00 baru pulang, terus lanjut dirumah masih ngerjain macem-macem (bukan tugas, yang pasti), dan jam dua belasan baru tidur. di liburan seperti ini jadwal itu bertransformasi menjadi: bangun tidur-makan-boker-makan-keluar-tidur.

Well, sepertinya saya lagi terjebak buaian maut enaknya hidup jadi anak rumahan. Dan, ini sulit banget buat keluarnya. Sering banget malem-malem sudah rencana “ah, besok ngampus, nongkrong di perpus atau kalo nggak ke hima, cari-cari lomba atau apalah buat dikerjakan”. Dan keesokan harinya bangun siang jam sebelasan, terus melakukan rutinitas seperti biasanya, dan baru keinget kalo punya rencana mau ngampus pas sore-sore bangun tidur sore.. ah, elah..

By the way (atas nama sang jalan) sebelum terlambat, tulisan diatas nggak ada hubungannya dengan status JOMBLO ya.. kasian mereka selalu terlibat dipostingan saya sebelum-sebelumnya. Ngomong-ngomong kapan mau ngilangin nama tengah (jomblo) itu?.. apa, belum kepikiran?.. yaudah lah..

Dan sebelum kelupaan juga, ini adalah postingan blog pertama di tahun 2014. Tapi kenapa baru sekarang pas tanggal tua (dimana anak kos lagi sekarat) baru posting?.. ya elah, tong.. emang cuma BLOG aja yang diurusin.. biarpun jomblo juga banyak urusan lain kali (tidur, main, makan itu juga urusan lain, catet). Tapi, emang baru kepikir sekarang sih pas sehari-harinya selo banget..

Balik lagi ke topik.. bentar-bentar.. oh iya, topiknya soal... ah, lupakan.
Balik lagi ke.... arrgh
Lupakan...

Sebenernya saya cuma mau cerita.. kalo tadi pagi saya baru saja ndaftar buat KKN-PPL. Ralat: sebenernya bukan cuma saya, tapi SELURUH MAHASISWA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DARI JAM 12.00 MALEM SAMPE PAGI ENTAH JAM BERAPA  ONLINE BARENG-BARENG CUMA BUAT NENGOKIN SITUS WEB VIDEOCHAT MESUM  BUAT LOGIN. 

Masalah biasa sih sebenarnya di Indonesia, terutama di kampus macam UNY. Yang memang sistem servernya belum terbukti baik buat dipakai secara massal. Tapi yang paling bikin hampir semua anak UNY deg-degan-kacau-hampir pingsan-ahh!! Adalah: dari pengumuman yang tertulis dimulai pukul 00.00 WIB. Ternyata mundur-mundur terus karena servernya nggak kuat nampung anak UNY seangkatan 2011 (sekitar 6000 lebih nyet!).

Momen pendaftaran online KKN-PPL 2014 ini, mau nggak mau menimbulkan drama yang sedikit-sedikit muncul dikalangan mahasiswa UNY 2011. Mulai dari login nggak bisa-bisa, takut sekolah pilihannya keduluan, sampe nggak berani pulang sendirian dari warnet karena udah jam 03.00 pagi dan sepanjang jalan lampunya mati.. (iya, yang terakhir itu pengalaman saya, diam kalian semua).

Tapi bagi saya, drama terkampret yang saya alami sebenarnya terjadi paginya sekitar jam 06.00. saya yang pulang dari wanet jam 03.00 langsung tidur berharap besoknya bangun pagi buat login lagi. Dan tepat jam 06.00 itu saya bangun. Setelah bangun, ngecek hp.. buset, di WA teman-teman sekelas udah ribut aja. Terus si Gilang yang rencananya mau satu sekolahan bilang katanya udah bisa login dan milih sekolah.

Dalam kepanikan setengah dewa, saya nelpon dia minta coba didaftarin dulu sambil saya lari ke warnet. (sebenarnya nggak lari juga sih, biar kelihatan dramatis aja). Baru juga satu belokan, hujan turun deres. Terpaksa berhenti pake mantel dan langsung gas lagi. Tapi yang jadi masalah lagi, karena nggak pake helm saya harus megang tutup kepala mantelnya nyampe warnet, dalam artian: tangan gue pegel banget tong!!!.. 

“Ndaftar KKN itu keras Jendraal!!!”... 

Sampe di warnet saya disms gilang; “wes tak daftarke kowe nu, iso neng SMA*****..” saat itu saya speechless. Rasanya campur aduk, dicampur dan diaduk-aduk tiga kali puteran pake sendok.. bukan, ini bukan mau bikin marimas. Entah saya harus bilang gimana.. disaat saya harus naik motor pagi-pagi pas hujan dan jalanan rame dengan satu tangan yang bisa nyetang, dengan harapan cepat sampe warnet. Pas sampe warnet di sms seperti itu.. hvft.. hidup, namanya juga hidup..

Karena udah terlanjur sampe warnet, sebagai anak warnet sejati, saya masuk warnet dengan tujuan mau mantau perkembangan ribut-ributnya temen-temen ndaftar KKN. Dan memang iya.. sebagian udah bisa, sebagian belum bisa, sebagian lagi belum bangun.

Di tengah-tengah ribut-ribut ini, kita jadi kepikiran sama sosok mbah gesang (( MBAH GESANG )) orang paling terkenal seisi kamar kosnya. Bener juga, dari tadi ini anak nggak ada kabar sama sekali.. saking kita perhatiannya sama mbah gesang, kita sempat panik bareng-bareng di WA, tapi tiba-tiba gilang ngomong, kalau mbah Gesang sudah online, cuma dia bingung mau pilih sekolah mana..

Langsung saja, saya chat mbah gesang pake fb, saya tanya mau kemana (SMA, bukan pergi kemana), dijawab masih bingung. Beberapa saat kemudian, dibales di SMA Mertoyudan.. oh, syukurlah (batin saya). tapi, beberapa saat kemudian, mbah gesang tanya lagi, “itu bisa diganti lagi nggak sekolahnya?”. Dengan penuh keyakinan saya bales “oralah mbah!”.. dan yang membuat saya speechless lagi, mbah gesang langsung bales chat: “OH, FUCK ME!!”.. sampe sekarang saya belum tau apa motif mbah gesang bilang gitu.
 
*speechless*

Dan pada akhirnya, semakin hari beranjak siang, sedikit demi sedikit, teman-teman sudah dapet sekolah semuanya.. tanpa ada kendala yang berarti..  syukurlah (saya membatin lagi). Eh tapi, ada sedikit drama lagi dimana teman saya Janu Muhammad yang dari kemarin sudah bilang mau ke SMA 2 Yogyakarta, ternyata sudah keduluan sama yang lain. Padahal setau saya, Janu niat banget mau kesana.. drama oh drama... tapi untungnya, dia masih tetep dapat sekolahan (yakali nggak dapet sekolah terus KKN taun depan).

Dan ya, drama pendaftaran KKN selesai sampai disitu, sebenarnya banyak sih cerita dari teman-teman yang lain. Cuma ya saya nggak tau.. yang penting semua sudah terakomodir mau KKN di SMA mana, dan yang nggak bisa di SMA yang sudah direncanakan, bisa dapat ganti di SMA lain. sama aja kan vroh? :)..

Yang belum dapat sekolahan sesuai yang direncanakan, semoga yang Tuhan rencanakan ini lebih baik dari yang teman-teman rencanakan sebelumnya.. Lagipula ini masih awal, awal banget sebelum kita benar-benar mempraktekan ilmu yang sudah kita dapat dan berbagi pengalaman dengan dedek-dedek gemes sekolahan adek-adek di SMA. So, be strong..

Nih, bonus postingan kali ini. Sekolahan tempat KKN-PPL ane.. iya, ini greget banget..

 mata pelajaran favorit: Pemetaan Lokasi Tawuran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar