25 September 2012

Misteri "Rumput yang Bergoyang" Dalam Lagu Berita Kepada Kawan

Perkenalkan, saya adalah Prof, Dr (derita), Wisnu Putra D, M.Pd(Master perawan desa), M.Sg(ajinomoto), M.Cd (delivery service). Biasa dipanggil profesor Wisnu oleh murid saya, dipanggil Doktor Wisnu oleh kolega saya, juga biasa dipanggil gembel oleh ibu saya, dan diteriaki maling kalau bawa-bawa sandal baru dimasjid.

Saya adalah guru besar di sekolah kepribadian hewan peliharaan. Sekolah yang fokus membangun kepribadian dan karakter peliharaan, agar tidak kencing sembarangan dapat bersaing dalam era globalisasi peliharaan ini. Sampai sekarang sekolah ini belum mendapat peserta didik, Entah karena memang tidak penting atau karena kebanyakan hewan yang baru saja akil balig langsung dikawinkan oleh majikanya....

Saya hadir kembali untuk mempresentasikan penelitian terbaru saya. Setelah sekian lama saya tidak menerbitkan jurnal, dikarenakan kesibukan saya sekarang, yang sedang mengembangkan perkawinan silang antara kucing persia dengan mesin diesel 4-tak agar menjadi peliharaan yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Semoga sukses.

Sedikit melenceng dari bidang keilmuan saya, kali ini saya akan membahas tentang kausalitas kata ‘rumput yang bergoyang’ dalam lagu berita kepada kawan Ebiet G Ade (entah apa artinya kausalitas)..

Dengan judul penelitian: MISTERI KATA RUMPUT YANG BERGOYANG DALAM SEBUAH LAGU, STUDI KASUS: LAGU BERITA KEPADA KAWAN (EBIET G. ADE)

Diantara pembaca sekalian yang budiman pasti sedang mikir-mikir, mengapa ketidak-pentingan dari sebuah lirik lagu ini bisa dijadikan penelitian oleh seorang gembel guru besar ... jawabannya singkat; sesuatu yang besar berawal dari sesuatu yang kecil dan tidak terlihat (maka dari itu, rawatlah upil anda baik-baik). Yang pasti saya melihat suatu masalah yang mengusik ketenangan saya ada pada sepenggal lirik “coba kau bertanya pada rumput, yang bergoyang”.

Langsung saja, inilah penelitian gembel saya “MISTERI KATA RUMPUT  YANG BERGOYANG DALAM SEBUAH LAGU, STUDI KASUS:LAGU BERITA KEPADA KAWAN (EBIET G ADE)” dipersembahkan oleh gembel foundation, dan didukung oleh gembel university press.

Oke, langsung saja kita mulai pembahasan kita, dimulai dengan:

1. sejarah

Pembaca yang budiman.. dalam lagu berita kepada kawan, disana terdapat kata-kata “rumput yang bergoyang”-nya. Apakah lagu  berita kepada kawan ini dulunya dibuat di sawah, dilapangan bola, atau di padang rumput yang sering dipakai buat mojok pasangan ababil, sehingga rumputnya *ehm* jadi ikutan bergoyang.. atau bahkan disawah yang dijadikan lapangan bola karena nggak ada lahan buat main bola lagi, terus disebelahnya, ternyata ada pasangan ababil yang sedang mojok.... entahlah.. hanya Tuhan yang tahu.

2. latar belakang

Perjalanan ini
Trasa sangat menyedihkan
Sayang engkau tak duduk
Disampingku kawan

Kira-kira, dengan awalan lagu yang seperti ini, latar belakang apa yang menginspirasi Om Ebiet G Ade menciptakan lagu ini?? Apakah dia sedang backpacker-an, sedang traveling, melakukan perjalanan ke tempat-tempat asik, vacation kemana saja (yah, namanya juga jalan-jalan, men).. tapi saat beliau melewati sebuah pantai yang sepi, mendadak beliau jadi galau, entah kenapa dia galau..

Terus tiba-tiba nulis lagu “perjalanan ini terasa sangat menyedihkan, sayang engkau tak duduk disampingku kawan”

kalau menurut saya sih, dia galau karena beliau backpackeran-nya sendirian, sehingga apa-apa harus sendirian. Kemana-mana dan mau ngapain aja juga sendirian. Kebayang kan, waktu jalan-jalan ditengah hutan atau di padang rumput sendirian, eh tiba-tiba kebelet pup.. lalu siapa yang akan menemaninya, kalau-kalau pas tanggung sedang melaksanakan tugas alam ini, tiba-tiba ada orang lewat, atau ada badak lewat.. siapa yang akan bilang ke orang atau ke badaknya “sori, mas, jangan lewat situ, disitu lagi ada orang e’ek-nya!!”..

Lagian, ngapain juga ya orang backpackeran ke padang rumput atau hutan, memangnya dia bolang..

ya sudahlah, pokoknya gitu.

3. pembahasan

Inti dari penelitian ini ada pada sepenggal lirik yang tertulis “Coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang”. Setelah melalui metode penelitian dan observasi, mencari berbagi data dari sumbernya, juga menghubung-hubungkan banyak variabel yang mempengaruhi.. akhirnya saya berhasil menemukan jawabannya.. mengapa lirik “Coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang” ini bisa ada pada lagu Berita Kepada Kawan. Dan berikut ini pembahasan saya :

“Coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang”

Hipotesis I :

Jadi, sebenarnya ‘rumput’ ini adalah nama orang. Dan orang yang bernama ‘rumput’ ini suka sekali bergoyang, entah dia anggota boyband atau malah girlband, atau dia mantan penyanyi dangdut yang dipecat karena hamil diluar nikah (entah apa hubungannya)..

Pada saat Om Ebiet ini sedang backpackeran, ketika dia sedang berjalan dijalan pantura daerah Kediri *ehm, Kediri pantura kan?*,  tanpa disadari dia telah tersesat, dia sudah berulang kali putar-putar didaerah situ. Disaat dia sudah mulai putus asa dan hampir menyerah untuk mencari jalan, dia mencoba untuk istirahat sejenak. Saat itu sayup-sayup terdengar lagu dangdut koplo yang kedengarannya sangat menggoda. Lalu dengan naluri kedangdutan yang kuat, dia bisa menemukan tdimana suara dangdut itu nerasal. Saat sampai disitu, alangkah kecewanya dia setelah melihat kenyataan bahwa ternyata suara dangdut tersebut hanya berasal dari suara tape radio yang sedang distel para sopir truk yang sedang istirahat..

Ditengah kekecewaanya ini, tiba-tiba dia didatangi orang yang juga sedang tersesat.. orang itu kemudian bertanya “maaf pak, ini daerah mana ya, saya tersesat ini?” karena sama-sama tersesat, ditambah sedang jengkel karena tidak menemukan dangdutan yang semestinya.. akhirnya dia asal-asalan jawab, itu “coba bertanya pada rumput yang bergoyang”, orang itu lalu segera bertanya karena kebetulan memang ada satu orang sopir sedang bergoyang memakai kaos bola dengan nama punggung “rumput”..

Ya, dunia memang aneh.. termasuk hipotesis diatas.

Hipotesis II :

Sebenarnya lirik “Coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang” ini adalah sebuah kode rahasia yang hanya diketahui oleh anggota genk dan tukang ojek langganannya, agar mudah dalam penyamaran dan usaha saat kabur. Jadi, saat anggota genk ini ada dijalan dan mulai mencari ojek langganan yang sudah hapal jalan kabur dan bukan anggota intel dengan kode tersebut, mereka akan langsung bertemu kemudian kabur.

4. kesimpulan

Dari pemaparan diatas, dapat saya simpulkan bahwa
1. Ebiet G Ade dulu sering backpackeran sendirian
2. lagu Berita Kepada Kawan adalah catatan perjalanan yang dibuat lagu, dan berhasil akhir dengan sangat keren!!..
3. “Coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang” adalah kode rahasia, kabarnya sedang diselidiki FBI.
4. saya masih bingung, badak kalau ketemu orang sedang e’ek, apa reaksi yang akan ditunjukannya? apakah merasa jijik, atau menganggapnya sebagai hal yang wajar secara dia kalau e’ek juga sembarangan tempat, ataukah dia akan shock, spechless sambil membatin “ya Tuhan, ini apa ini, kenapa saya bisa melihat hal seperti ini, butakan saya Tuhan, butakan!!
5. ternyata selama dua jam saya nulis ini, saya lupa lagu berita kepada kawan itu yang mana, saya sudah coba cari-cari di mp3 tembang kenangan, tapi nggak ada, pas mau lihat di Youtube, entah mengapa loadingnya gagal terus..

5. Penutup

Sekian penelitian gembel saya ini. Banyak kurangnya memang..

Tapi tidak ada motivasi untuk mempermainkan atau menghina lagu berita kepada kawan maupun Om Ebiet G Ade.. seorang penyanyi legendaris yang sudah saya sukai sejak saya kecil karena sering dengar waktu bapak saya nyetel. Saya sangat mengagumi karya-karyanya. Sayang, belum ada penyanyi sekarang yang bisa mengikuti jejaknya. Menjadi penyanyi yang karyanya banyak memberi pelajaran hidup dan moral yang bisa di ambil.

Sekian dan salam hangat dari keponakannya David Beckham.

11 September 2012

Beberapa Hal Absurd Belakangan Ini

Oke, sudah cukup!! *ceritanya lagi emosi, tapi malah seperti bencong ngambek*

Malam ini ada beberapa hal absurd yang membuat saya ngerasa campur aduk.

1. pertama, bapak saya lagi suka banget ngumpul-ngmpulkan lagu-lagu hits terbaru (terbaru pada jamannya), iya, jadi bapak saya lagi suka mengoleksi lagu-lagu lama 80-an. Biasanya sih ngoleksinya di CD atau mp3, tapi sekarang dia lagi suka nyari-nyari lagu tersebut dari google (internet) alias ndownload, lalu disimpen di hardisk biar nggak ilang.. sebenarnya nggak masalah sih kalau dia bisa sendiri. Tapi dengan proyeknya yang jenius ambisius tersebut, yang jadi korban utama adalah saya. Pertama, jelas, udah dua hari ini, setiap saya ngidupkan windows, bapak saya langsung mendekat sambil bawa daftar lagu dari cover CDnya lalu nyuruh saya buat searching lagu itu ada atau tidak. Dua malam ini jadi (terpaksa) hapal lagu-lagu lama. Sisi positifnya sih jadi banyak tau lagu-lagu lama.. yaitu lagu yang sudah ada sejak lama (pinter bangeet!!)

Tapi yang jadi masalah, karena seminggu ini saya lagi berkutat dengan proposal kegiatan organisasi pemuda di kampung, terpaksa absen buat ngerjakan, lalu berhubung lapcot saya termasuk lapcot model baru dengan daleman lawas, maka bisa di kira-kira kalau lapcot ini dipakai buat ndownload lagu banyak bareng-bareng dan juga mencopy lagu dari kaset Mp3. Pasti akan sangat lelet dan sering ngehang plus banyak not respondingnya. Dan ini terbukti kalau lapcot saya langsung dikit-dikit ngadat hanya dalam waktu kurang dari setengah jam waktu sedang download lagu chrisye dan mencopy lagu 80-an macam bengawan solo atau whatsever (tunggu, bengawan solo itu lagu 80-an bukan ya?) entahlah..

Saking leletnya, waktu saya mau eject kaset Mp3 tersebut, yang biasanya hanya sedikit makan waktu, ini bisa sampai bermenit-menit.. mosok dari membuka pilihan eject sampai itu Mp3 bisa keluar tasknya bisa sama dengan main PS sampai 2 kali main, nyuci baju, lalu lanjut nonton film Detective Conan *ini kira-kira berapa jam ya*.. lalu baru pas selesai nonton film terus membuka task wondows explorer seketika jadi tersadar TERNYATA TOMBOL EJECT-NYA BELUM KEPENCET.. ini apa-apaan banget, kalo mau marah harus ke siapa kira-kira....

2. Sejak dua minggu lalu adek saya yang (ternyata) sekarang sudah kelas enam SD, padahal kelakuan dan pikirannya belum sampai kelas empat sekarang jadi banyak les. Kalau dihitung seminggu full les nggak berhenti-berhenti, ini kalau masih ditambah dengan les diluar yang biasanya sore-karena terbemtur jadwal sekolah, rencana ibu saya sih mau di pindah jadwalnya jadi malam jam 7 sampai 9. Tapi kalau dilihat-lihat anaknya yang agak kurang meyakinkan, sepertinya dalam tiga minggu kedepan, dia bakal mulai mengeluh, lalu dilanjutkan dengan keluar dari les yang direncanakan masuk malam tadi.. buat saya sih nggak masalah mau les berapapun, nggak merasakan juga sih. Antara senang-melihat-penyiksaan-ini dan miris-karena-dulu-saya-cuma-les-seminggu-dua-kali-saja-bisa-juara-tujuh-di-ujian-nasional-SD.. #bangga

3. sekarang dirumah lagi banyak meilhara cupang, pertama saya yang beli tiga.. lalu adek saya beli karena pengen. Dikampung juga lagi musim anak-anak punya cupang dari anak kecil sampai anak yang sudah banyak jenggot. Dan cupang-cupang ini dibeli untuk di-adu. Absurdnya adalah, dari cupang yang seharga iga ribunan, ditangan orang yang beruntung bisa membawa uang banyak kalo dipake taruhan adu cupang ini.. dan saya nggak tertarik sama sekali, cuma suka jadi wasit dan komentator aja kalau ada adu cupang, dengan bahasa sok tau tingkat dewa soal ikan dan cupang.

4. sekarang semester tiga kuliah, dan alhamdulillah sudah nggak sering kesasar lagi dikampus waktu mau nyari toilet.. di semester tiga ini ada satu yang beda dan jujur saya suka.. yaitu dari sekian banyak dosen, ternyata masih ada dosen yang lumayan gokil (dari kata dasar gila), lucu dan menghibur.. karena setau saya dari dua semester diawal, nggak ada dosen yang bisa membawa suasana kelas jadi cair dan bersahabat. Jadi apapun yang dikatakan oleh dosen tadi, jadi gampang diterima. Kalau kita berangkat kuliah dengan dosen ini itu rasaya seperti kita mau berangkat kuliah dengan dosen yang lucu *perandaian yang gagal*.. jadi dikelas nggak pernah tidur, kecuali kalau ngantuk (yaiyalah).. btw (by the way-atas nama sang jalan) nama dosennya adalah pak Gunardo Rb.. ini berasa jadi seperti diajar lagi oleh beberapa guru SMA dan SMP yang memang banyak yang gokil (kata dasarnya gila, sekali lagi)

5. Kemarin malam sempat online dan iseng membuka blog sendiri (ciri blogger yang tidak profesional-blogger gagal), lalu lihat-ligat trafik yang masuk.. dan, entah saya juga nggak tau siapa yang menghamili kucing tetangga.. ini kok ada visitor (pengunjung) blog yang berasal dari California dan baru saja membuka postingan (gembel) sebuah penelitian yang dulu pernah saya lakukan lalu saya posting. Kalaupun tiba-tiba ada seorang bule yang iseng-iseng searching dan tiba-tiba nemu artikel itu, lalu apa motifnya?? Kenapa pula harus nyasar kesini. Ah, dunia memang aneh, makanya banyak calo di stadion.. ngomong-ngomong soal penelitiannya, jangan ditanya, anda pasti  tidak akan menemukan kebenaran didalamnya.. ini postingannya

ini kurang absurd apa lagi coba...

Oke, segini dulu posting tentang hal-hal absurd saya belakangan ini. Semoga anda berkenan dan tidak sungkan untuk bertanya kalau tersesat dijalan (entah sungkan bahasa mana saya nggak tau).

NB : dari tadi sempat nyari kata absurd di KBBI, dan sampai sekarang belum nemu arti kata absurd.. jadi dari awal sampai sekarang saya nggak tau apa yang saya jadikan tema postingan ini. Butuh bantuan..

9 September 2012

Untuk-mu Dengan penuh Kebencian

Aku benci jatuh cinta denganmu, merasa senang ketika bertemu, tersenyum malu-malu, selalu merasa cemas sebelum bertemu denganmu. Aku benci harus merasa senang, cemas, dan takut secara bersamaan saat bersamamu. Senang saat melihatmu datang, cemas saat aku merasa aku akan mengecewakanmu, dan takut ketika sadar kamu akan terlalu baik untuk-ku.

Aku benci saat menunggu kita akan online bersama, dan disaat kamu muncul, aku akan tiduran tengkurap sambil berpikir, berusaha mencari kalimat-kalimat yang ku anggap lucu dan menghibur supaya kamu bisa tertawa. Karena kata orang, cara membuat orang suka denganmu adalah dengan membuatnya ketawa.

Aku benci terkejut melihat SMS-mu tiba-tiba muncul dan aku benci kenapa aku harus memakan waktu begitu lama untuk membalasnya, menghapusnya, memikirkan kata demi kata. Aku benci ketika jatuh cinta, semua detail yang aku ucapkan, katakan, kirimkan, tuliskan ke kamu menjadi penting, seolah-olah harus tanpa cacat, atau aku bisa jadi kehilangan kamu. Aku benci harus berada dalam posisi seperti itu. Tapi, aku tidak bisa menawar, makanya aku benci..

Aku benci harus memikirkan kamu sebelum tidur dan merasakan hal aneh dalam diri, yang menjalar ke sekujur tubuh, dan aku merasa pasrah, gelisah. Aku benci untuk berpikir aku bisa begini terus semalaman, tanpa harus tidur. Cukup begini saja.. Aku benci, saat aku dengan terburu-buru berusaha meneleponmu malam-malam, karena sebelumnya, sms yang kukirim tidak kamu balas.

Aku benci saat kita main sepeda pagi-pagi, melewati sawah-sawah dan kebun, melewati kampung-kampung dengan orang yang sedang menyapu halaman disetiap rumah yang kita lalui. Aku benci, karena saat aku mengayuh sepeda tepat dibelakangmu yang juga sedang bersepeda, aku selalu berkata “mengapa kamu begitu sempurna?  untuk berpaling darimu, yang bahkan dengan kamu tidak sedang memperhatikanku-pun aku tidak bisa”. Aku membiarkan kamu didepan, karena kemanapun kamu mau, aku dengan senang hati akan mengikutimu. Apapun yang kamu katakan, apapun yang kamu lakukan, aku selalu menjadi seperti orang idiot saat di belakangmu. Aku benci, berpaling darimu-pun aku tak bisa.

Aku benci ketika kamu menempelkan kepalamu ke sisi kepalaku, saat kamu mencoba untuk melihat sesuatu di hp yang sedang aku pegang. Ya, aku benci mengapa ketika kepala kita bersentuhan, aku tidak bernapas, aku merasa canggung, aku ingin berlari jauh. Aku benci aku harus sadar atas semua kecanggungan itu.. tapi tidak bisa melakukan apa-apa.

Aku benci ketika logika-ku bersuara dan mengingatkan, “Hei! Ini hanya ketertarikan fisik semata, pada akhirnya kalian akan tahu, kalian berdua tidak punya kecocokan,” dan itu harus dimentahkan oleh hatiku yang ikut berkata, “Jangan hiraukan logikamu”. Lalu aku pasti akan mengikuti kata hatiku tersebut.

Aku benci harus mencari-cari kesalahan kecil yang ada di dalam dirimu saat aku mulai ragu. Kesalahan yang secara malas aku cari dengan paksa karena aku benci untuk tahu bahwa kamu bisa saja sempurna, kamu bisa saja tanpa cela. Dan aku, bisa saja benar-benar jatuh hati kepadamu.

Aku benci jatuh cinta, terutama kepada kamu. Demi Tuhan, aku benci jatuh cinta kepada mu. Karena di dalam perasaan yang menggebu-gebu ini; di balik semua rasa kangen, takut, canggung, yang bergumul di dalam dan meletup pelan-pelan..

aku benci aku takut tanpamu..

terinspirasi oleh "kamu" dan dari salah satu posting dalam radityadika.com

3 September 2012

September Wishes Seorang Gembel dan Kenyataan yang Ada

atas nama sang jalan (baca: by the way) kemarin saya baru saja cukur rambut, setelah hampir delapan bulan jalan gak cukur rambut.... ini sebenarnya dramatis, tapi saya coba buat stay cool, biar terkesan berkharisma.......

oke, hari ini adalah awal bulan September, waktu dimana musim kawin beruang kutub dimulai. Biarpun nggak tau benar atau tidak dan nggak ada hubungannya dengan September wish, nggak papa. Sengaja biar kelihatan pas aja..

seperti kebanyakan orang, yang memang kebanyakan hipster dan serba ngikut-ngikut, saya juga mau bikin #Septemberwish.. biar kelihatan gaul aja, walau sebenarnya nggak tau apa itu September wish.

Jadi, apa September wish itu.. apakah september berdoa, atau doanya di September , atau mungkin ada orang teraniaya macam fakir-fakir asmara (seperti saya) yang berdoa agar orang-orang yang pacaran di fb atau twitter bisa kena bisul di jarinya supaya nggak bisa bales-balesan wall atau twitt lagi dengan sangat khusyuk lalu banyak orang mengamini secara doa orang teraniaya akan dikabulkan.. (yang ini ngaco sepertinya). Yang jadi pertanyaan, kenapa harus September aja kita punya wishes, memangnya dibulan-bulan lain nggak bisa berdoa, atau minta yang lebih baik.

Sebagai orang yang kritis dan sedkit najis saya sempet curiga jangan-jangan ini ada hubungannya juga dengan lagu September Ceria yang pernah dinyanyikan oleh penyanyi jaman dulu, kira-kira jaman sebelum Majapahit berdiri, eh benar atau salah ya,, oke saya nggak tau. Tapi yang jelas lagu itu pernah booming pada jamannya. Cuma yang jadi masalah, mengapa harus September  aja yang ceria, apakah setiap orang bisa punya momen kebahagiaan dan keceriaan yang sama?! Kan nggak ada yang bisa menjamin, kalau misal sebagian orang merasakan keceriaan di bulan September, belum tentu sebagian yang lain merasakan hal yang sama.

Bisa saja pas bulan September ini ada orang yang tiba- tiba di awal bulan dia diputus oleh pacarnya, terus karena depresi dia berencana buat balas dendam dengan menabrak mantannya dijalan (ekstrim), lalu pas dijalan karena kurang konsentrasi akhirnya dia malah nabrak truk sampah. Minggu kedua dilaluinya di rumah sakit. Lalu minggu ketiga saat dia sudak pulang dari RS, tanpa sengaja dia makan mie instan yang sudah basi, lalu masuk rumah sakit lagi. Dan minggu keempat dilaluinya dengan penuh penderitaan, kesakitan dan kelaparan karena tanggal tua dan belum dapat kiriman (soalnya dia anak kost). Nah, kalau ada orang yang di Septembernya kayak gini.. kasihan sekali orang ini..

Langsung saja, saya mau menyampaikan September wish saya (unyu sekali kedengarannya), dan yak, ini dia:

1. karena awal September ini bersamaan dengan awal masuk kuliah semester baru, jadi doanya nggak  jauh-jauh dari; semoga di semester depan jadi lebih nggak telatan, jadi lebih ganpang nyambung dengan yang dibahas dikelas, jadi lebih rajin ngerjakan tugas (yang ini perlu diamini orang banyak sepertinya), jadi lebih cool dikelas biar kalau tidur nggak ketahuan (soalnya mau bagaimanapun tetep tenang), dan semoga nilai yang keluar nanti bisa sesuai dengan usaha yang dilakukan oleh mahasiswa biar nggak ada lagi yang mengeluh karena merasa usahanya nggak dihargai. Sebenarnya selain ini masih ada doa-doa lain yang lebih bermutu dari mahasiswa-mahasiswa lain menghadapi semester baru ini. Tapi berhubung saya yang nulis, ya pakai pendapat saya dong, masa mau pakai ide orang lain.. goblok banget seeh

2. berharap di bulan September ini rencana mau mengadakan fun bike dikampung bareng anak-anak buat memperingati ulang tahun organisasi pemuda di kampung bisa terlaksana dan sukses. Mengapa, karena acara ini, mulai dari yang menggagas, mengkonsep, dan menjadi ketua panitia adalah saya mihihi.. pintar sekali bukan?! Jawabnya nggak, ini bohong kalau dibilang pinter. karena dulu acara fun bike ini udah rutin setiap taun diadakan buat peringatan ulang tahun. Cuma, karena beberapa alasan, sempat vakum selama hampir empat tahun.. jadi kesannya acara ini baru, padahal cuma copas. Yap, walau ide lama, asal konsepnya baru, sama saja jatuhnya jadi hal baru. Emang pinter (copas) lo!!

3. (yang terakhir) seperti yang sudah saya tulis di awal postingan ini, kalau saya baru saja cukur rambut. Sedikit cerita kalau saya sudah hampir delapan bulan ini nggak cukur rambut. Jadi kalau nggak salah, terakhir cukur di bulan Februari. Kalau dibagi dalam beberapa tahap, seperti dalam film trilogi. Rambut saya ini juga punya tiga sekuel selama delapan bulan saya biarkan tumbuh liar.

Bagian pertama yaitu dua bulan pertama, masih tahap pertumbuhan dari awalnya cukur rambut gaya ababil-mencari-jatidiri sampai menjadi ababil-mencari-jatidiri-yang-rambutnya-sedikit-lebih-panjang. Jadi masih belum jelas gitu mau dibawa kemana rambut  saya.

Bagian kedua, tiga bulan berikutnya. Waktu itu *ambil posisi duduk memandang ke awang-awang dan siap cerita* rambut saya sudah lumayan panjang-nanggung gitu, antara belum panjang, tapi juga udah nggak bisa rapi, bawaan kali ya kalau nggak bisa rapi. Tapi yang jelas agak lebih mendingan dari dua bulan sebelumnya.

Bagian ketiga, empat bulan berikutnya. Pada saat itu *pandangan mengawang lagi* rambut saya sudah lumayan panjang sih, Cuma masalahnya semakin panjang rambut saya maka semakin liarlah dia. Ibarat motor, semakin panjang knalpotnya, akan semakin susah kalau mau mendorongnya. (jangan tanya, saya juga bingung)  rambut saya semakin hari semakin abstrak. Saat itu kalau dihitung dari terakhir kali cukur, umurnya sudah diatas lima bulan jalan. Kalau ibarat seoraang bayi, maka umur segitu adalah umur-umur dimana dia sedang tumbuh menggemaskan dan sedang lucu-lucunya. Ya, rambut saya juga begitu, Cuma dalam versi kebalikannya. Memasuki umur lima bulan, rambut saya jadi tambah menjengkelkan, bahkan 85% orang yang ketemu dengan saya mengaku kalau moodnya jadi hancur setelah ketemu dengan saya. Dan semakin lama juga rambut saya nggak ada lucu-lucunya sama sekali, mungkin yang ada kalau misalnya ada anak kecil atau balita yang tiba-tiba papasan dengan saya pasti akan nangis kekejer menyangka kalau dia baru saja ketemu dengan saudaranya maskot dufan.

Kalau dalam trilogi sebuah film, sekuel terakhir dalam film tersebut pasti akan berakhir dengan ending yang mengagumkan dan membahagiakan semacam epic dalam trilogi The Lord of The Rings atau Twilight, maka di kisah tentang rambut abstrak saya  semuanya berakhir tragis, karena pada akhirnya beliau (ya, rambut saya sudah seperti bos) sudah habis dicukur lagi.

Dari yang seperti ini:

 foto dibulan puasa, fotonya pas sebelum buka, jadi buat melek pun nggak kuat

Jadi seperti ini:

gembel rapi dan sedikit cupu


Sebuah trilogi yang tidak layak disebut trilogi, sepertinya..

Oiya, anyway (semua jalan) sebagai kakak kelas yang sekarang sudah punya adek angkatan (maba), mulai sekarang saya niatkan untuk jadi lebih dewasa dan cool, dengan minum axe dicampur rokok gudang garam setiap hari (biar kesan cool dan pria punya selera jadi satu).

Mungkin segini dulu September wish saya, semoga terkabul semua, aminn..


NB: saya pernah nulis soal potong rambut disini, dan itu sekitar bulan April, kalau dihitung dari sekarang bulan September, itu hanya selisih lima bulan.. sudah tau kan, berarti trilogi yang saya tulis tadi salah semua, soalnya waktunya nggak ada yang tepat semua!!